2023, BUMD PT. MUJ Targetkan 10 Ribu Sambungan Jaringan Gas di Jabar

Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemprov Jabar PT. Migas Utama Jabar (MUJ) menargetkan 10 ribu jaringan gas (jargas) alam pada 2023 di Jabar. Diharapkan dapat mengisi daerah yang memang belum terjangkau oleh jargas yang ada.

2023, BUMD PT. MUJ Targetkan 10 Ribu Sambungan Jaringan Gas di Jabar
Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemprov Jabar PT. Migas Utama Jabar (MUJ) menargetkan 10 ribu jaringan gas (jargas) alam pada 2023 di Jabar. Diharapkan dapat mengisi daerah yang memang belum terjangkau oleh jargas yang ada./Dani Rahmat Nugraha
INILAHKORAN,Soreang- Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemprov Jabar PT. Migas Utama Jabar (MUJ) menargetkan 10 ribu jaringan gas (jargas) alam pada 2023 di Jabar. Diharapkan dapat mengisi daerah yang memang belum terjangkau oleh jargas yang ada.
"Kita sudah menjalin perjanjian dengan PT. Pertamina Gas Negara (PGN). Mudah-mudahan segera ada progres untuk skema kerjasamanya. Karena kita tahu Jabar masih sedikit daerah yang terjangkau oleh jaringan eksisting," Direktur Utama PT. MUJ, Begin Troys di RSUD Al Ihsan di Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung, Senin 26 September 2022. 
Dikatakan Begin, saat ini DPRD Jabar telah menyetujui rencana pengembangan jargas tersebut. Bahkan, DPRD pun telah menyetujui Pemprov Jabar yang akan mengucurkan modal sebesar Rp 100 miliar. Untuk tahap pertama, telah disetujui sebesar Rp 35 miliar.
"Kalau kita lihat rencana umum energi nasional target jargas ini masih banyak yang tertinggal. Dimana jaringan gas eksisting masih dibawah 1 juta. Nah yang tertinggal itu kita garap bareng-bareng. Mana yang bisa dikerjakan oleh BUJ, mana oleh PGN dan yang lainnya. Harapan saya pada 2023 itu sudah mulai jalan," katanya.
Begin melanjutkan, ketimbang menggunakan gas elpiji, menggunakan gas alam jauh lebih murah dan aman. Terutama pada jaringan pipa yang telah eksisting. Bahkan, untuk pemasangan baru pun tetap jauh lebih efisien. Selain itu, pengoperasiannya pun lebih sederhana.
"Saya yakin program ini bakal menarik banyak pihak," ujarnya.
PT Migas Utama Jabar (MUJ) dan PT Pertamina Gas Negara (PGN) segera memantapkan rencana kerjasama pembangunan jaringan gas (Jargas) rumah tangga di Jabar, yang akan diawali dengan Kerjasama pengelolaan jargas di wilayah Bogor, Depok, Bekasi dan Bandung Raya.(rd dani r nugraha).


Editor : JakaPermana