Antisipasi Sengketa Pemilu, Ini Starategi Bawaslu Kota Cimahi

Beberapa langkah strategi sudah disipakan Bawaslu Kota Cimahi untuk mengantisipasi terjadinya sengketa Pemilu pada Pemilu 2024

Antisipasi Sengketa Pemilu, Ini Starategi Bawaslu Kota Cimahi
Bawaslu Kota Cimahi sudah menyiapkan bberapa langkah untuk mengantisipasi terjadinya sengketa Pemilu. (Agus Satia Negara)

INILAHKORAN, Cimahi - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Cimahi mulai melakukan persiapan dalam menghadapi potensi sengketa verifikasi administrasi dan verifikasi faktual calon peserta Pemilu 2024.

Ketua Bawaslu Kota Cimahi, Jusapuandy mengatakan, pihaknya saat ini menghadapi tahapan verifikasi administrasi dan verifikasi faktual untuk Pemilu 2024.

Menurutnya, dalam prosesnya mungkin ada sejumlah potensi sengketa yang akan muncul atau terjadi pada tahapan verifikasi administrasi maupun faktual.

Baca Juga : Kekurangan Wakil Perempuan, Bawaslu Kota Cimahi Perpanjang Pendaftaran Panwascam

"Kemarin bisa saja ada proses mediasi terkait adanya pengakuan dari masing-masing partai politik yang mengakui salah satu anggota yang diusungnya adalah anggota parpol lain," katanya.

"Hal itu terjadi akibat adanya data anggota partai yang ganda," sambungnya.

Oleh karenanya, jelang tahapan verifikasi faktual yang bakal dihadapi beberapa waktu pihaknya harus mengantisipasi pemicu potensi-potensi sengketa yang bakal terjadi.

Baca Juga : Atasi Banjir Gedebage, Pemkot Bandung Rencanakan Reaktivasi Sungai Cisaranten Lama

"Kita harus mempersiapkan diri baik dalam kapasitas SDM maupun fasilitas lainya dalam menghadapi sengketa proses," tegasnya.

Halaman :


Editor : asayuti