Meskipun Laga Persib vs Persija Ditunda, Polisi Tetap Berjaga di GBLA

Pihak kepolisian tetap menjaga area Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) meski pertandingan Persib melawan Persija batal terselenggara. 

Meskipun Laga Persib vs Persija Ditunda, Polisi Tetap Berjaga di GBLA
INILAHKORAN, Bandung - Pihak kepolisian tetap menjaga area Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) meski pertandingan Persib melawan Persija batal terselenggara. 
Pembatalan laga tersebut terjadi akibat insiden yang terjadi di laga Arema FC kontra Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Sabtu, 1 Oktober 2022 malam. 
Setidaknya, lebih dari 100 orang penonton meninggal dunia akibat kerusuhan yang terjadi usai Arema FC kalah dari Persebaya Surabaya dengan skor 2-3. 
Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan pihak kepolisian akan tetap berjaga di Stadion GBLA meski pertandingan Persib vs Persija batal terlaksana.
"Kita tetap standby di sini (GBLA) untuk melihat kondisi masyarakat dan pengunjung yang hadir sampai kondisinya sudah kondusif dan aman, baru anggota bisa meninggalkan tempat ini. Kalau pun masyarakat yang sudah tahu dengan kondisi ini sebagai nya balik ke daerah masing-masing agar tidak terjadi keramaian massa yang bisa menimbulkan keramaian massa tanpa ada tujuan yang jelas," katanya di GBLA, Kota Bandung, Minggu, 2 Oktober 2022. 
Ibrahim Tompo akui sebelumnya sudah mempersiapkan ribuan personel untuk mengamankan laga Persib kontra Persija. Terlebih, tiket 26 ribu lembar yang disediakan, habis terjual. 
"Pertandingan saat ini yang memang pertandingan yang kita anggap lebih ekstra sehingga kita juga mempersiapkan sistem pengamanan baik dari personel lebih ekstra dari pada pertandingan sebelumnya," katanya. 
Ia pun menyampaikan rasa prihatin dan turut berbela sungkawa atas peristiwa yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang. Terlebih, korban meninggal dunia mencapai lebih dari 100 orang. 
"Ini mungkin akan menjadi pelajaran berharga bagi kita ke depan dan juga pelajaran berharga bagi masyarakat dan pendukung sepak bola utamanya yang berada di Jabar. Kita berharap semoga pertandingan selanjutnya bisa berlangsung dengan aman dan tertib. Dan saya berharap tidak ada korban dan permasalahan yang akan timbul. Kita sama-sama ingin berekspresi menikmati suatu pertandingan tanpa ada permasalahan baik materi maupun korban jiwa. Untuk itu kita imbau ke depan agar bisa menjaga kondusifitas situasi dan pertandingan bisa di langsungkan dengan baik," pungkasnya.(Muhammad Ginanjar)


Editor : asayuti