Ridwan Kamil: Groundbreaking Jalan Tol Tambang Segera Dilakukan, Terkoneksi Jalan Tol JORR 3

Usai menyakinkan pemilik izin usaha pertambangan (IUP) dan pemilik kepentingan lainnya, Gubernur Jabar Ridwan Kamil akan melakukan groundbreaking pekerjaan jalan tol tambang pada awal Desember mendatang.

Ridwan Kamil: Groundbreaking Jalan Tol Tambang Segera Dilakukan, Terkoneksi Jalan Tol JORR 3
"Yang lama itu menyepakati dengan pemilik-pemilik kepentingan yang banyak sekali jumlahnya. Insyaallah kalau tidak ada halangan, pada Desember kita lakukan groundbreaking pekerjaan jalan tol tambang hingga diharapkan tidak terjadi lagi insiden kecelakaan," kata Ridwan Kamil kepada wartawan Minggu, 2 Oktober 2022. (reza zurifwan)

INILAHKORAN, Cigudeg - Usai menyakinkan pemilik izin usaha pertambangan (IUP) dan pemilik kepentingan lainnya, Gubernur Jabar Ridwan Kamil akan melakukan groundbreaking pekerjaan jalan tol tambang pada awal Desember mendatang.

"Yang lama itu menyepakati dengan pemilik-pemilik kepentingan yang banyak sekali jumlahnya. Insyaallah kalau tidak ada halangan, pada Desember kita lakukan groundbreaking pekerjaan jalan tol tambang hingga diharapkan tidak terjadi lagi insiden kecelakaan," kata Ridwan Kamil kepada wartawan Minggu, 2 Oktober 2022.

Ridwan Kamil menerangkan, pembangunan jalan tol tambang yang diperkirakan menelan anggaran Rp600 miliar itu akan berlangsung dalam kurun waktu setahun.

Baca Juga : IPB Run 10K, Lari Sambil Tanam Pohon Langka di Bogor

"Kalau tidak ada halangan, kalau lancar, maka setahun (groundbreaking pekerjaan jalan tol tambang) sepanjang kurang lebih 13 km bisa selesai dalam satu tahap," ujar Ridwan Kamil

Sementara itu, Kepala Kantor Cabang Dinas Energi Sumber Daya Mineral (DESDM) Jabar Wilayah II Iman Budiman menjelaskan terkait detail engineering design (DED) pekerjaan jalan to tambang sedang dalam tahap revisi.

"Bisa saja pekerjaan jalan tol tambang menggunakan sistem tahun jamak (multiyears). Lagi pula, operasional jalan khusus kendaraan tambang yang ditargetkan pada 2023 ini juga bergantung kepada tuntasnya pembangunan Jalan Tol Jakarta Outing Ring Road (JORR) 3 atau yang menghubungkan Sentul-Parung-Rumpin-Serpong atau Jalan Tol di Kota Tanggerang Selatan, yang rencananya baru beroperasi pada 2025 mendatang," tuturnya.

Baca Juga : Ridwan Kamil Namai Jembatan di Rumpin, Jembatan Romeo Juliet

Sedangkan, Kepala Badan Perencana Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Bogor Suryanto Putra menambahkan jalan tol tambang itu rutenya mulai Cigudeg-Parungpanjang-Rumpin.

Halaman :


Editor : donramdhani